Minggu, 09 Mei 2010

Ketahanan Nasional

A. Latar Belakang dan Landasan Ketahanan Nasional

1. Latar Belakang

Dilihat dari segi wilayah, Indonesia sangat luas dan banyak kekayaan alam terdapat didalamnya sehingga Indonesia menjadi incaran banyak negara. Selain itu, juga terdapat banyak ancaman dari dalam bangsa Indonesia sendiri.

Untuk tetap menjaga kesatuan bangsa Indonesia perlu kondisi dinamis suatu bangsa. Dengan demikian keadaan apapun bisa di antisipasi.

2. Landasan Ketahanan Nasional

a. Pancasila sebagai Landasan Ideal

Pancasila merupakan pandangan bangsa Indonesia. Dalam Ketahanan Nasional pancasila merupakan asas kerohanian yang akan membawa bangsa dalam suasana merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan rakyat.

b. UUD 1945 sebagai Landasan Konstitusional

Negara Indonesia adalah negara yang berdasarkan pada aturan konstitusional yaitu berdasarkan atas hukum.

c. Wawasan Nusantara sebagai Landasan Visional

Wilayah Indonesia sangat luas serta terdapat berbagai macam ragam budaya, suku, agama dan ras. Sehingga wawasan tentang nusantara Indonesia sangat perlu untuk diketahui agar kelangsungan dan keserasian dalam kehidupan bangsa bisa terwujud.

B. Ruang Lingkup dan Pengertian Ketahanan Nasional

1. Pokok Pikiran yang Mendasari Konsepsi Ketahanan Nasional

Mengandung keuletan dan ketangguhan untuk tetap mengembangkan kekuatan nasional menghadapi segala tantangan, ancaman dan gangguan. Konsepsi didasarkan atas beberapa pokok pikiran :

a. Manusia sebagai Makhluk yang Berbudaya

Manusia merupakan makhluk yang mempunyai nurani, intelegensi dan keterampilan sehingga memungkinkan ia mengaktualisasikan kreatifitasnya dalam hubungan Tuhan, manusia lain dan alam sekitarnya. Pernyataan tersebut menunjukan bahwa manusia sebagai makhluk yang berbudaya.

b. Tujuan Nasional, Falsafah dan Ideologi Negara

Pancasila adalah pandangan dan ideologi bangsa Indonesia, mengandung cita-cita yang menjadi tujuan nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu ketahanan nasional agar bangsa tetap utuh.

2. Pengertian Ketahanan Nasional

Ketahanan Nasional yaitu kondisi dinamis suatu bangsa dalam menanggapi perubahan dan pembaruan dalam dunia agar tetap utuh dalam kesatuan negara.

0 komentar:

Posting Komentar